Wisata Jogja Bagian Utara

Jogja dengan segudag cerita menarik merupakan tempat yang penuh dengan keistimewaan. Selain kota pelajar, Jogja juga memiliki beragam potensi pada wisata alamnya. Dengan begitu, tidak heran jika banyak wisatawan lokal maupun manca negara yang ikut memadati kawasan wisata di kota ini.

Tidak hanya pada bagian selatan yang memiliki pesona alam, wisata Jogja bagian Utara juga tidak kalah menarik. Daerah jogja bagian utara terdiri kabupaten Sleman, pada daerah inilah yang merupakan daerah kaki Gunung Merapi.

Ada beberapa wisata jogja bagian utara yang wajib untuk Anda kunjungi, bisa gunakan rental mobil jogja untuk menikmati keindahan alamnya. Jogja bagian utara khususnya kabupaten Sleman memang terkenal dengan berbagai wisata sejarah seperti candi dan museum, akan tetapi juga terdapat berbagai wisata alam yang menarik

Wisata Jogja Bagian Utara yang Menarik

  1. Museum Gunung Merapi

Tidak hanya sebagai tempat rekreasi, museum gunung merapi juga merupakan sarana edukasi atau pendidikan terkait kebencanaan gunung berapi, gempa bumi dan berbagai bencana alam lainnya.

Melalui museum ini diharapkan dapat memberikan layanan informasi terkait gunung api kepada masyarakat luas. Lokasi museum berada pada lereng Gunung Merapi bagian selatan, sehingga lingkungan museum akan tampak sejuk dan asri.

  • Kampung Teletubbies Yogyakarta

Dikatakan kampung teletubbies karena rumah yang ada di desa tersebut dibuat dengan menyerupai rumah teletubbies. Ada sekitar 80 bangunan yang di desain dengan bentuk yang serupa. Tidak hanya sebagai bangunan yang unik, bangunan tersebut diupayakan untuk bangunan yang tahan akan gempa bumi.

  • Blue Lagoon Jogja

Blue lagoon Jogja atau yang disebut dengan Pemandian Tirta Budi merupakan wisata pemandian yang asri dan keren di kota Jogja. Kata Blue Lagoon ini diperkenalkan oleh kaum muda, karena airnya yang jernih dan berwarna biru. Tempat ini berupa bendungan dengan dikelilingi oleh tebing yang curam.

Dengan begitu, jika Anda ingin menunjukan aksi terjun dari tebing, tempat ini cukup aman. Walaupun begitu, Anda harus tetap berhati-hati saat melakukannya. Akses menuju wisata juga sangat terjangkau dan mudah untuk dicari.

  • Tebing Breksi Jogja

Tebing Breksi ini terletak tidak jauh dari kompleks Candi Prambanan yakni di desa Sambirejo, Sleman Yogyakarta. Sesuai dengan namanya, tebing ini berdiri secara alami dengan bentuk yang unik. Sebelum menjadi wisata, tebing ini merupakan tempat pertambangan yang merupakan mata pencaharian warga sekitar.

Pada dinding tebing diukir dengan berbagai macam bentuk seperti ular naga. Selain itu, disediakan anak tangga yang cukup banyak untuk bisa berkeliling di Taman Tebing Breksi ini. Untuk Anda yang ingin berkunjung di lokasi ini sangat disarankan menggunakan sunblock, pasalnya daerah ini sangat gersang dan berdebu. Hal tersebut disebabkan karena tebing berkapur yang susah untuk ditumbuhi pohon.

  • Berbagai Candi di Jogja Bagian Utara

Wisata jogja bagian utara memang  terkenal dengan berbagai candi dan keunikan yang ada disana. Candi-candi ini merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan. Berbagai candi yang terkenal sepert Candi Prambanan, Candi Borobudur, Candi Ratu Boko, Candi Ijo, Candi Barong, Candi Sambisari, Candi Sari, dan Candi Abang.

Kompleks candi ini cukup terkenal seperti Candi Prambanan dengan kompleks candi yang mencirikan khas budaya Hindu, yang berbeda dengan Candi Borobudhur dengan ciri khas Budha.

Itulah beberapa Wisata Jogja bagian utara yang wajib dicoba jika Anda berkunjung atau menegeksplor wisata-wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>